Mengenal Virus HPV dan Cara Mencegah Penularannya

By | November 9, 2017

Ladies, apakah kalian sudah mengenal virus HPV dan bagaimana cara mencegah penularan virus HPV tersebut ?

Jangan sampai Anda tidak mengetahuinya, ya! Pasalnya, ini sangat penting sekali untuk Anda para wanita ketahui.

Banyak sekali penyakit berbahaya yang disebabkan oleh HPV atau Human papillomavirus ini, lho. Dan, salah satunya adalah kanker serviks, penyakit pembunuh wanita nomor satu di dunia selain kanker payudara.

So, ikuti terus artikel ini sampai akhir, ya!

Mengenal Virus HPV (Human papillomavirus)

Virus HPV adalah

Gambar Virus HPV

HPV atau Human papillomavirus ini adalah salah satu penyebab paling umum dari penyakit IMS atau infeksi menular seksual yang di dalamnya termasuk kutil kelamain, baik pada wanita maupun pria.

Yang paling berbahaya adalah, HPV dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker. Selain kanker serviks pada wanita, virus HPV juga dapat menyebabkan penyakit kanker lainnya. Seperti: Kanker anal, penis, vulva, dan kanker orofaring —salah satu jenis kanker tenggorokan.

Ada lebih dari 100 jenis HVP. Tipe 6 dan 11 adalah penyebab paling umum dari kutil kelamin, sementara tipe 16 dan 18 adalah tipe HPV yang menyebabkan penyakit kanker serviks pada wanita.

Menurut WHO, salah satu organisasi kesehatan dunia, mengatakan bahwa, sekitar 70% kanker serviks disebabkan oleh kedua jenis HPV tersebut. Yakni, tipe 16 dan 18.

Mungkin Anda juga butuh informasi ini : Cara Deteksi Dini Kanker Serviks

HPV dapat menginfeksi siapa saja, terutama yang memang aktif secara seksual. Sering kali, individu yang terinfeksi asimtomatik, artinya mereka tidak menunjukkan gejala virus. Maka dari itu, sangat sulit untuk mengenali seseorang dengan virus HPV.

Human papillomavirus atau HPV ini hidup pada sel-sel kulit. Tidak hanya bagian kelamin, infeksi juga dapat terjadi pada bagian tubuh lainnya, seperti kaki dan tangan.

Perlukah Melakukan Vaksin HPV ?

Perlu atau tidaknya melakukan vaksin HPV kembali lagi kepada individu masing-masing. Kendati demikian, praktisi kesehatan sangat menyarankan untuk melakukannya.

Seperti dikutip dari laman hellosehat.com, vaksinasi adalah cara terbaik untuk melawan virus HPV, khususnya vaksin Cervarix dan Gardasil pada wanita serta vaksin Gardasil pada pria.

Bagaimanakah Cara Virus HPV Menular ?

Sebagian besar virus HPV menular melalui hubungan seksual, baik itu oral, vaginal, maupun anal seks. Maka dari itu, tidak hanya pasangan heteroseksual saja yang berisiko tertular virus HPV ini, tapi juga pasangan homoseksual atau penyuka sesama jenis, terutama gay yang lebih memungkinkan untuk melakukan oral maupun anal seks.

Cara Mencegah Penularan HPV

Risiko tertular virus HPV ini semakin besar pada Anda yang memang aktif secara seksual, memiliki banyak partner, dan tidak menggunakan pengaman (kondom) saat melakukan hubungan seksual.

Selain melalui hubungan seksual, HPV juga dapat menular melalui sentuhan langsung kulit ke kulit dengan pengidap atau dengan benda yang sudah terkontaminasi virus HPV.

Terkadang, HPV juga dapat menular dari ibu ke bayinya saat melahirkan yang menyebabkan terjadinya infeksi pada kelamin atau saluran pernapasan si bayi.

Mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, seperti pada penderita HIV/AIDS dan kondisi medis lainnya juga memiliki risiko yang tinggi untuk tertular HPV.

Bagaimana Cara Mencegah Penularan Virus HPV ?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mencegah penularan virus HPV. Yang pertama dan paling utama adalah menghindari melakukan aktivitas seksual berisiko. Contohnya:

  • Berhubungan intim dengan orang yang terinfeksi virus HPV atau berisiko besar menularkan virus HPV
  • Memiliki banyak partner atau pasangan seks
  • Berhubungan di usia muda (belasan tahun)
  • Tidak menggunakan pengaman
  • Berhubungan melalui anus atau anal seks
  • Menghindari kontak langsung dengan kutil atau permukaan tempat terpapar HPV. Apalagi jika Anda memiliki luka terbuka di kulit Anda, termasuk sariawan

Selain itu, Anda juga sebaiknya lebih mendekatkan diri kepada Tuhan serta mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Hal tersebut termasuk salah satu cara mencegah penularan virus HPV. Anda bisa memulainya dengan:

Cara Mencegah Penularan Virus HPV

  • Menghindari konsumsi junkfood dan mulai memperbanyak konsumsi makanan sehat, terutama buah dan sayur
  • Rajin berolahraga, minimal 3-4 kali seminggu. Tidak perlu yang berat, Anda bisa memulainya dengan jalan kaki, jogging di taman komplek, bersepeda, atau berenang
  • Mengelola kadar stres
  • Istirahat yang cukup
  • Selalu menjaga kesehatan serta kebersihan tubuh, organ intim, dan lingkungan
  • Hindari rokok dan asapnya
  • Hentikan kebiasaan konsumsi alkohol
  • Lakukan medical check-up dan skrining, termasuk tes pap smear untuk mendeteksi dini penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus HPV.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pepatah “mencegah lebih baik dari mengobati“, kan? Sebaiknya Anda juga mulai melakukan pencegahan dari sekarang. Jika sudah terinfeksi, Anda akan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit agar bisa pulih kembali.

Baca juga informasi lainnya : Faktor Risiko dan Pemicu Kanker Serviks

Demikianlah informasi di atas kami sampaikan sebagai wujud kepedulian kami terhadap kesehatan. Semoga, melalui artikel ini Anda menjadi lebih mengenal virus HPV dan juga bagaimana cara mencegah penularan virus HVP tersebut.

Terima kasih telah menyimak. Jangan lupa share dengan teman dan kerabat Anda 🙂

SALAM SEHAT
Sponsored By : Cara Mengobati Kanker Seviks