Tanda Tahi Lalat Yang Berbahaya

By | May 12, 2017

Tanda Tahi Lalat Yang Berbahaya – Bagaimana cara membedakan tahi lalat yang normal dengan tahi lalat yang menjadi tanda adanya kanker kulit? Di sini, kami akan share informasi mengenai tanda-tanda tahi lalat yang berbahaya dan berpotensi untuk menjadi kanker.

Tanda Tahi Lalat Yang Berbahaya

Setiap orang memiliki tahi lalat dengan ukuran yang berbeda-beda, mulai dari yang kecil setitik sampai dengan yang besar dan menonjol. Dan, tahi lalat ini bisa tumbuh di bagian manapun, termasuk di tempat paling privasi seperti alat kelamin.

Tanda Tahi Lalat Yang Berbahaya

Anda harus tahu, bahwa tahi lalat yang ada pada tubuh Anda tidak selamanya aman. Karena, beberapa diantaranya bisa berbahaya dan mengancam jiwa. Kok bisa? Karena tahi lalat abnormal bisa menjadi tanda dari adanya kanker kulit.

Nah, tahi lalat sendiri adalah hasil pigmentasi sel kulit yang berkembang menjadi gumpalan. Namun, tidak jarang muncul sebagai titik hitam atau kecoklatan saja di kulit.

Karena itulah, Anda sebaiknya tahu apa saja yang menjadi tanda-tanda dari tahi lalat yang berbahaya dan memiliki kemungkinan besar bahwa tahi lalat tersebut merupakan gejala dari kanker kulit.

Inilah Beberapa Tanda-Tanda Tahi Lalat Yang Berbahaya

1. Tahi lalat memiliki bentuk yang berbeda dan tidak beraturan. Artinya, bentuk tahi lalat yang menandakan sebagai gejala kanker kulit, bentuknya tidak sama dengan tahi lalat lainnya. Bentuknya bisa tidak beraturan.

2. Warna tahi lalat yang berbeda. Jika umumnya tahi lalat hanya berwarna hitam atau coklat, pada tahi lalat yang menjadi ciri dari kanker kulit biasanya memiliki dua atau tiga warna, bahkan bisa lebih dari itu. Maka dari itu, Anda harus jeli dan lebih waspada dengan tahi lalat yang Anda miliki.

Tanda Tahi Lalat Yang Berbahaya

3. Tahi lalat berubah teksturnya. Anda harus mewaspadai perubahan tektur pada tahi lalat Anda. Salah satunya adalah tahi lalat yang terasa kasar atau bersisik.

4. Ukuran tahi lalat yang lebih besar dari tahi lalat lainnya. Anda harus meneliti apakah tahi lalat yang Anda miliki ada yang berukuran lebih besar? Salah satu tanda-tanda tahi lalat yang berbahaya adalah tahi lalat yang memiliki diameter lebih dari 6 mm.

5. Tahi lalat terasa sakit dan gatal. Tanda tahi lalat yang berbahaya selanjutnya adalah rasa sakit dan gatal pada tahi lalat. Karena, normalnya tahi lalat ini tidak terasa sakit ataupun gatal.

Baca Juga ⇒ Mengenal 4 Jenis Kanker Kulit Yang Berbahaya

Metode untuk mengetahui apakah tahi lalat yang Anda miliki normal atau tidak disebut dengan metode ‘ABCDE’. Yaitu:

  • A untuk Asymmetry, yakni yang menunjukan bentuk tahi lalat yang tidak sempurna atau perubahan bentuk
  • B untuk Border, yaitu pada tahi lalat abnormal terdapat pinggiran atau perbesaran dari tahi lalat maupun tanda lahir. Jika pinggiran tanda lahir tampak kabur, hal ini bisa menjadi pertanda kanker
  • C untuk Color. Seperti yang dikatakan di atas, tahi lalat yang abnormal memiliki lebih dari 2 atau 3 warna. Misalnya, dalam satu tahi lalat terdapat bercak warna yang berbeda sama sekali di satu tempat, misalnya merah, putih, dan keabuan
  • D untuk Diameter, tahi lalat abnormal memiliki diameter lebih besar, bisa lebih dari 6 mm
  • E untuk Evolving, Tahi lalat berubah warna, ukuran, bentuk sehingga terlihat sangat berbeda dibandingkan dari semua tahi lalat lain

Jika Anda mendapati tanda-tanda di atas pada tahi lalat yang Anda miliki, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan. Lebih cepat kanker kulit terdeteksi, maka lebih cepat juga penanganan di berikan. Dengan demikian, kondisi yang lebih parah dari penyakit kanker kulit bisa di cegah.

Terima kasih sudah menyimak artikel kesehatan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat Anda lebih peka lagi dengan kondisi tubuh Anda.

Salam Sehat

Obat Ambeien Alami Terbaik

Tanda Tahi Lalat Yang Berbahaya