Penyebab dan Gejala Lipoma

By | July 18, 2017

Penyebab dan Gejala Lipoma : Sangat penting sekali untuk Anda mengetahui penyakit lipoma, penyebab dan juga gejalanya. Dengan demikian, Anda bisa lebih aware dengan benjolan yang satu ini.

Penyebab dan Gejala Lipoma

Penyakit Lipoma

Lipoma sendiri adalah benjolan lemak yang umumnya tumbuh di antara kulit dan lapisan otot. Pertumbuhan lipoma ini termasuk lambat dan biasanya tidak bersifat kanker.

Penyebab dan Gejala Lipoma

Benjolan lipoma bisa tumbuh pada siapa saja tanpa melihat usia maupun gendernya. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada usia paruh baya.

Letak tumbuhnya lipoma bisa di bagian tubuh manapun. Namun, leher, paha, lengan, bahu, dan punggung adalah tempat yang paling sering di tumbuhi lipoma.

Untuk mencegah penyakit lipoma, ada baiknya Anda mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab lipoma. Dengan demikian, Anda bisa melakukan perubahan pada gaya hidup Anda untuk meminimalisir risiko menderita penyakit lipoma ini.

Pun dengan gejalanya. Dengan mengetahui gejala lipoma, Anda bisa segera melakukan pemeriksaan dan penanganan sedini mungkin bisa Anda dapatkan untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Berikut Penyebab dan Gejala Lipoma Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Di bawah ini informasi mengenai penyebab dan gejala lipoma yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber kesehatan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Penyebab Lipoma

1. Faktor genetik atau keturunan. Seseorang memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita penyakit lipoma apabila memiliki riwayat penyakit tersebut pada keluarga inti.

2. Obesitas atau kelebihan berat badan. Nah, orang dengan obesitas atau kegemukan berlebihan ini juga memiliki risiko lebih besar untuk mengalami lipoma.

3. Usia. Risiko penyakit lipoma juga bisa meningkat pada rentang usia antara 38 sampai dengan 62 tahun.

4. Penyakit Sindrom. Ada beberapa sindrom yang dapat memicu terjadinya lipoma. Beberapa diantaranya adalah sindrom gardner dan sindrom cowden.

5. Memiliki penyakit Adiposis Dolorosa. Kondisi yang sering terjadi pada wanita yang sudah memasuki tahap menopause ini termasuk penyakit langka yang sering menyebabkan tumbuhnya jaringan lipoma dalam tubuh.

6. Cedera / trauma pada jaringan lunak. Pada kasus lipoma yang dipicu oleh cedera atau trauma pada jaringan lunak, atau yang disebabkan oleh benda tumpul ini biasanya butuh waktu lebih lama untuk muncul, dan biasanya juga nyaris tanpa gejala.

7. Kebiasaan konsumsi alkohol. Anda yang memiliki kebiasaan minum alkohol, apalagi secara berlebihan, maka bersiap-siaplah untuk mendapatkan lipoma dikemudian hari. Orang yang kecanduan alkohol juga berisiko menderita penyakit langka madelung.

Gejala Lipoma

Selain gejala utama berupa munculnya benjolan yang terasa lunak ataupun keras, gejala lipoma lainnya meliputi:

Gejala LipomaGambar : Lipoma yang tumbuh di bahu

  • Ukuran lipoma biasanya tidak lebih dari 5 cm, hanya 1-3 cm saja
  • Benjolan lipoma akan bergerak saat ditekan dengan jari
  • Tidak terasa sakit
  • Pertumbuhan ukuran lipoma biasanya termasuk lambat
  • Lipoma yang semakin membesar biasanya akan terasa sakit karena mengandung banyak pembuluh darah atau menekan saraf di sekitarnya
  • Lipoma juga cenderung memiliki ukuran yang sama selama beberapa tahun.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab dan gejala lipoma yang sebaiknya Anda ketahui. Kami sarankan Anda untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut apabila mendapati salah satu atau beberapa gejala lipoma di atas, apalagi jika Anda memiliki faktor penyebab lipoma.

Tindakan Pengobatan

Secara medis, Anda akan disarankan untuk melakukan tindakan operasi guna membuang lipoma yang tumbuh pada tubuh Anda.

Akan tetapi, apabila Anda tidak ingin melakukan operasi, Anda bisa menggunakan pengobatan alternatif dengan memanfaatkan tanaman obat herbal seperti yang terkandung di dalam QnC jelly gamat.

Khasiat QnC jelly gamat lebih lengkap dalam mengobati penyakit lipoma tanpa operasi dan testimoni kesembuhannya, silakan kunjungi » Cara Mengobati Lipoma sekarang juga!

Terima kasih banyak sudah meluangkan waktunya untuk menyimak artikel kesehatan di atas. Sangat besar harapan saya untuk kesehatan dan kesembuhan Anda.

Salam Sehat

Penyebab dan Gejala Lipoma Yang Penting Untuk Anda Ketahui