Pengertian, Penyebab dan Gejala Kista Payudara

By | January 12, 2018

Jangan sampai salah mengira antara tumor dan kista payudara, ya. Di sini, kami akan membahan mengenai pengertian, penyebab dan gejala kista payudara yang sebaiknya Anda ketahui.

Hal ini karena masih banyak yang menganggap kista payudara sama dengan tumor payudara. Selain itu, banyak yang mengaitkan kondisi tersebut dengan kanker payudara yang menjadi kanker terbanyak pada perempuan selain kanker serviks.

Gejala Kista Payudara

Pengertian Kista Payudara

Meskipun sama-sama tumbuh pada payudara, antara kista, tumor dan kanker adalah kondisi yang berbeda.

Kista payudara adalah benjolan berupa kantung yang berisi cairan. Kista tumbuh pada jaringan payudara. Termasuk jenis tumor jinak dan tidak mengandung sel kanker. Peluang untuk sembuh dengan cepat lebih besar dimiliki penderita kista payudara.

Sementara tumor payudara ada yang bersifat jinak dan ganas. Yang bersifat ganas bisa berkembang menjadi kanker. Jika sudah begitu, pengobatan yang dilakukan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Umumnya, kista payudara memiliki diameter 2,5 sampai dengan 5 cm. Kista payudara bisa tumbuh lebih dari satu, baik pada salah satu payudara maupun keduanya.

Meskipun kista payudara ini bisa terjadi pada usia berapapun, kebanyakan, kasus kista payudara terjadi pada wanita antara usia 35 sampai 50 tahun, dimana usia tersebut merupakan usia wanita menjelang masa menopause.

Penyebab Kista Payudara

Hormon yang tidak seimbang menjadi salah satu penyebab utama kista payudara. Maka dari itu, tidak heran jika pada banyak kasus kista payudara terjadi pada wanita yang berusia di atas 35-40 tahun.

Selain itu, perubahan hormon dalam siklus menstruasi juga dapat memicu terbentuknya kista pada jaringan payudara.

Untuk mengetahui apakah di payudara Anda tumbuh kista atau tidak, beberapa pemeriksaan berikut ini sangat dianjurkan untuk Anda lakukan, seperti:

Pemeriksaan fisik secara keseluruhan, termasuk untuk mengetahui apakah di payudara Anda ada benjolannya atau tidak. Kemudian USG, foto rontgen dan mammogram untuk mengetahui kondisi lebih jelasnya.

Pemeriksaan kista payudara lainnya adalah pengambilan cairan dari dalam benjolan.

Gejala Kista Payudara

Pada saat kista payudara masih berukuran kecil, gejala bisanya masih belum terasa secara signifikan. Beda halnya saat ukuran kista semakin bertambah besar. Anda akan merasakan beberapa gejala kista payudara seperti di bawah ini:

  • Payudara yang terdapat kista akan mengalami pembengkakan
  • Payudara Anda juga akan terasa sakit atau nyeri
  • Teraba ada benjolan pada payudara dan area benjolan tesebut terasa lembek
  • Benjolannya mudah bergeser dengan batasan yang jelas
  • Menjelang menstruasi, benjolan tersebut akan semakin besar. Namun, benjolan akan kembali mengecil setelah menstruasi selesai
  • Keluar cairan berwarna jernih, kuning atau coklat dari puting susu.

Jika memang salah satu atau beberapa gejala kista payudara di atas Anda rasakan, tidak ada alasan untuk Anda menunda pemeriksaan ke rumah sakit atau dokter terdekat.

Jika diketahui lebih cepat, maka, pengobatan kista payudara bisa segera diberikan untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Baca Juga : Pengobatan Kista Payudara Secara Alami

Nah, karena sekarang Anda sudah tahu mengenai penyakit kista payudara, saya harap Anda bisa melakukan pencegahan dan terhindar dari penyakit tersebut. Jangan lupa bantu share artikel pengertian, penyebab dan gejala kista payudara di atas agar orang lain juga tahu.

SALAM SEHAT

Posted By : qncobatambeien.com