Gejala Radang Tenggorokan Yang Harus Anda Kenali

By | October 9, 2017

Gejala Radang Tenggorokan – Sakit saat menelan belum tentu terjadi peradangan pada tenggorokan Anda. Karena itulah, sangat penting sekali bagi Anda tahu perbedaan gejala radang tenggorokan dengan sakit tenggorokan biasa.

Gejala Radang Tenggorokan

Gejala Radang Tenggorokan

Anda harus tahu, bahwa rasa sakit pada tenggorokan saat menelan tidak selamanya efek dari flu, entah itu pada anak-anak maupun orang dewasa.

Peradangan yang terjadi pada tenggorokan juga dapat menyebabkan rasa nyeri atau sakit pada tenggorokan saat menelan. Pada kasus radang tenggorokan, ada gejala lain yang menyertainya. Seperti:

  • Demam tinggi di atas 38ºC (gejala paling umum dari adanya infeksi atau peradangan)
  • Menggigil (panas dingin)
  • Muncul ruam pada kulit
  • Sakit kepala
  • Gatal pada tenggorokan
  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher
  • Persendian dan otot terasa nyeri
  • Batuk-batuk dan bersin
  • Terjadi pembengkakan pada amandel atau tonsil
  • Panurunan nafsu makan

Apabila radang tenggorokan terjadi pada anak-anak, apalagi pada usia balita (1-5 tahun) yang belum bisa mengungkapkan dengan jelas apa yang mereka rasakan, biasanya mereka akan lebih rewel dan tidak mau makan.

Anda disarankan untuk segera menemui dokter apabila gejala radang tenggorokan di atas tidak kunjung membaik dalam waktu 3 hari dan malah semakin memburuk.

Menjaga kebersihan dan memperhatikan asupan makanan harian Anda dapat membantu mencegah kembalinya radang tenggorokan.

Sepertinya Anda Butuh Ini : Pengobatan Radang Tenggorokan

Cara Mengurangi Gejala Radang Tenggorokan

Untuk mengurangi keluhan akibat radang tenggorokan yang Anda derita, Anda bisa melakukan beberapa cara simpel di bawah ini yang mudah untuk Anda lakukan. Penasaran? Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejala dari radang tenggorokan yang Anda derita. Diantaranya:

Pertama, untuk meredakan pembengkakan pada tenggorokan Anda, berkumur dengan air hangat yang dicampur garam bisa menjadi alternatifnya. Air garam di percaya dapat membunuh bakteri di mulut, lho.

Kemudian, Anda juga bisa ber-gargle-ria dengan menggunakan obat kumur antiseptik selama 30 detik. Aktivitas ini bisa Anda lakukan dua sampai empat kali sehari. Ingat, jangan sampai tertelan, ya, obat kumurnya.

Note : Gargle (berkumur sampai ke tenggorokan yang merbunyi grgrgrgll)

Perbanyak konsumsi cairan, air putih lebih di rekomendasikan. Air jahe atau air perasan lemon dengan madu juga bisa menjadi pilihan untuk sedikit mengurangi keluhan akibat radang tenggorokan yang Anda derita. Sebaiknya Anda menggunakan air hangat, bukan air dingin.

Anda juga disarankan untuk tidak merokok dan menjauhi lingkungan yang dipenuhi dengan asap rokok, serta menghindari untuk konsumsi minuman maupun makanan yang terlalu panas.

Nah, demikianlah informasi mengenai gejala radang tenggorokan yang bisa saya sampaikan di sini. Semoga, bermanfaat dan bisa meringankan radang tenggorokan yang sedang Anda derita.

Jangan lupa bantu share agar orang lain juga tahu.

Salam Sehat
By : qncobatambeien.com

Gejala Radang Tenggorokan Yang Harus Anda Kenali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *