Gejala Penyakit Kista Bartholin

By | April 25, 2017

Gejala Penyakit Kista Bartholin – Sangat penting sekali untuk Anda mengetahui ciri-ciri atau gejala dari penyakit kista bartholin. Karena dengan mengetahui gejalanya, penanganan sedini mungkin bisa segera diberikan.

Gejala Penyakit Kista Bartholin

Penyakit kista bartholin ini bisa menyerang wanita manapun. Kendati demikian, umumnya, wanita dengan usia 20-29 tahun memiliki risiko yang lebih tinggi.

Kista sendiri adalah kantong berisi cairan, dan bartholin adalah kelenjar yang terletak pada kedua sisi bibir vagina. Kista bartholin ini terjadi saat saluran bartholin tersumbat dan mengakibatkan cairan terbentuk di dalam kelenjar bartholin.

Gejala Penyakit Kista Bartholin

Besarnya ukuran kista bartholin ini bervariasi, mulai dari sebesar kacang polong hingga marmer besar. Kista tersebut biasanya tumbuh perlahan. Jika kelenjar Bartholin atau saluran terinfeksi, itu disebut abses kelenjar Bartholin.

Kista bisa bertambah besar setelah berhubungan seks, karena kelenjar memproduksi lebih banyak cairan saat berhubungan seks.

Bakteri bukan satu-satunya yang membuat kista bartholin mengalami infeksi. Kista Bartholin yang terinfeksi kadang kala disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS).

Setia pada satu pasangan dan menggunakan kondom saat berhubungan seks salah satu upaya untuk mencegah penularan penyakit kelamin.

Berikut Gejala Penyakit Kista Bartholin Yang harus Anda Ketahui dan Waspadai Kehadirannya

Saat ukuran kista bartholin masih berukuran kecil, Anda mungkin tidak memiliki gejala yang spesifik. Tapi, kista besar atau kista yang terinfeksi (abses) dapat menyebabkan gejala.

Gejala kista bartholin yang tidak terinfeksi meliputi:

  • Kemerahan atau bengkak di daerah vulva
  • Sebuah benjolan tanpa rasa sakit di daerah vulva
  • Ketidaknyamanan saat Anda berjalan, duduk, atau berhubungan seks.

Gejala kista bartholin yang terinfeksi meliputi:

  • Demam dan menggigil
  • Bengkak di daerah vulva
  • Drainase atau keluar cairan dari kista.
  • Rasa sakit yang memburuk dan membuat sulit untuk berjalan, duduk, atau bergerak

Pemeriksaan sebaiknya segera dilakukan. Jangan menunggu sampai gejala yang muncul bertambah semakin parah.

Semakin cepat pengobatan kista bartholin dilakukan, maka semakin besar juga peluang kista bartholin yang Anda derita sembuh dengan cepat.

Selain itu, agar kista bartholin Anda bisa segera smebuh, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan Anda sehari-hari. Pastikan Anda tidak mengkonsumsi makanan yang ada dalam daftar pantangan makanan kista bartholin.

Solusi Pengobatan

Secara medis, dokter akan memberikan beberapa tindakan untuk mengobati kista bartholin yang Anda derita.

  1. Berendam di air hangat atau mengompres kista dengan handuk air hangat
  2. Memberikan antibiotik dan obat pereda nyeri
  3. Pemasangan kateter
  4. Penyayatan untuk melakukan drainase / pengeluaran cairan dari bartholin
  5. Jika pengobatan di atas tidak berhasil, dokter akan mengangkat kista. Untuk  menjalani  prosedur  ini,  kista akan dipotong  sedikit  dan tepiannya  akan  dijahit. Hal  ini  memungkinkan  cairan  dalam kista keluar.

Tapi, jika Anda tidak ingin melakukan serangkaian pengobatan kista bartholin di atas, Anda bisa melakukan pengobatan alternatif. Yakni, dengan mengkonsumsi QnC jelly gamat, obat herbal kista bartholin terbaik yang khasiatnya sudah teruji dan terbukti secara nyata.

Solusi Untuk Mengobati Kista Bartholin

Semoga, artikel tentang Gejala Penyakit Kista Bartholin di atas bisa bermanfaat dan menjadi perantara bagi kesembuhan Anda.

Terima kasih banyak sudah meluangkan waktunya untuk menyimak artikel ini. Semoga lekas sembuh.

Posted By : qncobatambeien.com

Gejala Penyakit Kista Bartholin