Gejala Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

By | October 4, 2017

Anda tidak bisa menganggap sepele gejala asam lambung naik ke kerongkongan. Karena, bisa berakibat fatal jika dibiarkan begitu saja tanpa mendapatkan penanganan.

Heartburn atau sensasi terbakar di ulu hati bukan satu-satunya gejala asam lambung naik ke kerongkongan. Ada beberapa gejala lainnya yang juga harus Anda waspadai.

Inilah Beberapa Gejala Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

Saat asam lambung naik, gejala umum yang muncul adalah perut kembung, sering bersendawa atau kentut, serta rasa mual dan muntah.

Gejala Asam Lambung Naik

Nah, saat asam lambung naik ke kerongkongan atau tenggorokan, selain gejala di atas, gejala lainnya meliputi:

1). Mulut Terasa Pahit

Rasa pahit atau asam di mulut menjadi salah satu gejala asam lambung naik ke kerongkongan atau tenggorokan. Biasanya, gejala ini muncul pada malam hari saat beristirahat atau berbaring.

2). Hipersalivasi atau Produksi Air Liur Berlebih

Salah satu ciri asam lambung naik lainnya adalah produksi air liur yang berlebih dari biasanya. Kondisi ini merupakan respon alami tubuh untuk menetralisir asam lambung yang naik ke tenggorokan.

3). Sakit Tenggorokan

Ada bedanya antara sakit tenggorokan akibat asam lambung naik dengan flu. Sakit tenggorokan karena asam lambung naik ke kerongkongan biasanya hanya terasa setelah makan dan tida disertai oleh demam maupun bersin-bersin.

4). Suara Serak

Jika suara Anda mendadak serak setelah makan, bisa jadi asam lambung Anda sedang naik sampai ke kerongkongan. Pasalnya, kondisi ini juga bisa menyebabkan pita suara mengalami iritasi.

5). Kesulitan Menelan

Asam lambung yang naik ke kerongkongan juga bisa menyebabkan saluran di esofagus agak tersumbat, sehingga penderita biasanya akan merasa bahwa di tenggorokannya ada benjolan yang membuat penderita kesulitan menelan.

6). Napas Berbau Tidak Sedap

Gejala asam lambung naik ke kerongkongan lainnya adalah bau napas yang tidak sedap. Hal ini tentu saja bisa mengurangi rasa percaya diri.

Nah, itulah beberapa gejala asam lambung naik ke kerongkongan yang harus Anda tahu dan waspadai kehadirannya.

Bahaya Asam Lambung Naik Jika Tidak Segera Ditangani

Asam lambung naik sampai ke kerongkongan merupakan kondisi yang serius, dan untuk mencegah kondisi yang lebih parah, penanganan harus segera dilakukan.

Hal ini karena apabila asam lambung naik ke kerongkongan berlangsung secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama, gangguan kesehatan lainnya mungkin bisa muncul. Salah satunya adalah radang tenggorokan dan pita suara.

Lebih parah, komplikasi dari asam lambung naik ke kerongkongan ini dapat menyebabkan penyempitan saluran esofagus. Iritasi asam lambung yang terjadi secara terus menerus dapat memicu munculnya tukak atau luka pada esofagus dan mempersempit saluran esofagus yang akan dilewati oleh makanan.

Komplikasi lainnya dari asam lambung naik ke kerongkongan apabila tidak di atasi meliputi:

  1. Tukak atau luka pada esofagus
  2. Barrett esofagus yang bisa memicu munculnya sel kanker
  3. Kanker esofagus

Maka dari itu, Anda sebaiknya segera mengatasi masalah asam lambung Anda yang sering naik sampai ke kerongkongan.

Selain dengan obat pereda asam lambung omeprazole, ada bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menekan zat asam di lambung yang sering naik. Di samping itu, menggunakan bahan alami jauh lebih aman dan tidak akan menimbulkan efek samping.

Berikut Bahan Alami Untuk Menurunkan Asam Lambung dan Cara Membuatnya Sendiri Di Rumah

A. Kunyit + Gula Merah

Ramuan Kunyit Untuk Asam Lambung

Ramuan yang pertama adalah dengan memanfaatkan bumbu dapur kunyit atau dalam bahasa sunda dikenal sebagai koneng. Cara membuat ramuan penurun asam lambung dari kunyit ini sangat mudah sekali.

Pertama, siapkan 3-5 ruas jari kunyit, air 1 gelas, dan gula merah secukupnya. Ada dua metode dalam membuat ramuan ini.

1. Kunyit yang sudah dibersihkan di potong kecil-kecil kemudian direbus sampai mendidih. Tambahkan gula merah untuk menambah sedikit rasa manis.

2. Kunyit di parut dan di masukan kedalam air matang. Kemudian, saring dan peras kunyit sampai kering.

Ramuan di atas diminum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minumnya. Pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur.

B. Air Kentang

Untuk membuat air kentang ini juga mudah. Anda hanya perlu memarut kentang dan peras airnya. Minum air kentang ini 1-2 kali sehari.

C. Kacang Ijo

Ramuan yang satu ini enak dan gampang sekali membuatnya. Anda cukup mengkonsumsi bubur kacang ijo untuk menekan asam lambung yang naik. Ingat! tanpa santan, ya.

D. Kencur

Untuk mendapatkan manfaat kencur guna menekan asam lambung yang naik ini Anda harus mengunyah langsung 1 ruas jari kencur yang dicampur dengan garam. Kemudian, setelah kunyahan kencur di telan, Anda langsung minum air putih hangat. Anda bisa melakukannya 3 kali sehari secara rutin.

Jika Anda tidak suka dengan ramuan di atas, atau Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat ramuan tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan QnC Jelly Gamat yang dibuat dari ekstrak teripang emas yang sudah terbukti mampu mengatasi asam lambung tinggi sampai tuntas.

Khasiat lengkapnya silakan Anda baca di sini ⇒ Cara Mengobati Asam Lambung Tinggi

Demikianlah informasi mengenai gejala asam lambung naik ke kerongkongan dan cara mengatasinya yang bisa saya share di sini. Semoga, artikel ini bermanfaat dan bisa membantu mengatasi masalah asam lambung yang selama ini Anda derita.

Salam Sehat
By : qncobatambeien.com

Gejala Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *