Cara Penularan Hepatitis B dan Pencegahannya

By | June 16, 2017

Cara Penularan Hepatitis B dan Pencegahannya – Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara penyakit hepatitis B menular, di sini saya akan membahasnya, sekaligus bagaimana cara mencegah penularan tersebut.

Cara Penularan Hepatitis B dan Pencegahannya

Penyakit hepatitis B termasuk penyakit yang berbahaya. Penyakit hati kronis ini bisa memicu komplikasi seperti sirosis sampai kanker hati apabila tidak segera di obati.

Cara Penularan Hepatitis B dan PencegahannyaGambar ilustrasi virus hepatitis B

Lebih dari itu, penyakit hepatitis B ini bisa MENULAR / DI TULARKAN.

Maka dari itu, sangat penting sekali bagi Anda untuk mengetahui cara penularan virus hepatitis B dan cara mencegahnya. Dengan demikian, apabila ada salah satu keluarga Anda yang menderita penyakit hepatitis B ini, Anda bisa melakukan antisipasi agar tidak ikut tertular.

Percayalah, mencegah terjadinya suatu penyakit itu lebih baik daripada mengobati. Selain berdampak pada kesehatan tubuh Anda, Anda juga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mengobati penyakit hepatitis B Anda.

Melalui media apakah cara penularan penyakit hepatitis B?

Sama halnya dengan penyakit mematikan HIV/AIDS, penyakit hepatitis B ini juga bisa menular melalui darah dan cairan tubuh.

Inilah Cara Penularan Hepatitis B dan Cara Pencegahannya

Cara Penularan Hepatitis B

1. Melalui Darah

Cara penularan penyakit hepatitis B yang pertama adalah melalui darah. Intinya kontak langsung dengan darah penderita hepatitis B. Media penularan melalui darah ini bisa meliputi apa saja. Seperti:

  • Penggunaan jarum suntik (narkoba, tato, tindik, bahkan jarum medis) yang tidak steril atau sudah terkontaminasi darah penderita hepatitis B
  • Transfusi darah dari penderita hepatitis B
  • Menggunakan barang pribadi bersama-sama dengan orang lain. Barang pribadi yang dimaksud adalah yang memungkinkan darah tertinggal di dalamnya, seperti gunting cukur, catut kuku, sikat gigi, dan lainnya
  • Dari ibu ke anak melalui persalinan, baik saat proses maupun segera setelah terjadi persalinan

Berhati-hatilah! Karena, siapapun memiliki risiko untuk menderita penyakit hepatitis B. termasuk tenaga medis yang sering bersentuhan langsung dengan darah atau alat medis lainnya yang memungkinkan darah tertinggal di dalamnya.

2. Melalui Cairan

Cara penulaan virus hepatitis B selanjutnya adalah melalui cairan. Baik cairan vagina maupun cairan sperma pada laki-laki. Maka dari itu, risiko Anda untuk menderita penyakit hepatitis B semakin meningkat apabila Anda melakukan tindakan di bawah ini:

  • Melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan tanpa menggunakan pengaman (kondom)
  • Berhubungan intim dengan penderita hepatitis B tanpa kondom
  • Berciuman, terlebih jika Anda memiliki luka di sekitar mulut Anda
  • Melakukan anal seks
  • Oral seks

Jika Anda berpikir melakukan anal seks AMAN, maka Anda salah. Gesekan / penetrasi yang Anda lakukan bisa merusak jaringan anus, sehingga anus bisa terluka saat terjadi penetrasi. Ini karena anus tidak di rancang untuk hal tersebut, dan anus tidak memproduksi pelumas sendiri seperti halnya vagina.

Hal ini membuat Anda memiliki lebih besar risiko untuk menderita penyakit hepatitis B dan penyakit menular lainnya. Karena itu, penularan penyakit hepatitis B dapat terjadi pada pasangan heteroseksual maupun homoseksual.

Cara Mencegah Penularan Hepatitis B

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan sebagai upaya untuk mencegah penyakit hepatitis B. Diantaranya dengan melakukan beberapa tindakan di bawah ini:

Cara Mencegah Hepatitis B

  • Melakukan vaksinasi hepatitis B
  • Selalu menjaga kebersihan, salah satunya rajin mencuci tangan dengan sabun saat hendak maupun setelah melakukan sesuatu
  • Menghindari perilaku yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk tertular penyakit hepatitis B seperti yang sudah di jelaskan di atas
  • Mengetahui riwayat kesehatan keluarga Anda. Jika ada riwayat penyakt hepatitis B, maka Anda dan keluarga Anda setidaknya harus lebih waspada akan risiko penularan yang mungkin terjadi
  • Lebih memperhatikan makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi. Selain memastikan kebersihannya, ada baiknya Anda menghindari konsumsi makanan yang masih setengah matang atau mentah seperti sushi. Makanan yang mentah, sebenarnya cenderung berisiko menularkan penyakit hepatitis
  • Hati-hati dengan penggunaan jarum. Apabila Anda ingin membuat tato atau sekedar membuat tindik baru, atau mungkin piercing, pastikan jarum yang akan Anda gunakan benar-benar steril.
  • Baca Juga : Pengobatan Hepatitis B Secara Alami

Nah, itulah informasi mengenai Cara Penularan Hepatitis B dan Pencegahannya yang bisa saya share di sini. Semoga artikel kesehatan ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.

Salam Sehat

Posted By : Obat Wasir & Ambeien

Cara Penularan Hepatitis B dan Pencegahannya