Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi dan Ibu Hamil

By | April 18, 2017

Cara Mengatasi Sembelit – Penanganan yang tepat mampu mengatasi susah BAB/sembelit pada bayi dan ibu hamil dengan cepat dan aman.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi dan Ibu Hamil

Jika kemarin saya membahas tentang anus terasa panas dan perih saat buang air besar, maka kali ini saya akan membahas tentang sembelit.

Sembelit adalah kondisi dimana seseorang kesulitan untuk buang air besar (BAB). Konstipasi atau penumpukan tinja yang membuat tinja menjadi keras adalah dampak utama dari sembelit.

Jika sembelit terjadi pada orang dewasa, obat pencahar yang bebas dijual di Apotik dan warung biasanya menjadi alternatif. Namun, bagaimana jika sembelit ini terjadi pada anak-anak, terutama bayi, ibu hamil atau ibu menyusui?

Memberikan obat pencahar kimia bukan solusi yang tepat. Terlebih bagi bayi dan ibu hamil. Dikahawatirkan, bahan kimia obat yang terkandung dalam obat pencahar bisa mempengaruhi bayi dan janin yang ada di dalam kandungan.

INGAT! Masih ada cara mengatasi sembelit yang lebih aman, yakni dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi dan Ibu Hamil

Sebelumnya, Anda para orang tua harus tahu dulu apa saja faktor-faktor yang dapat membuat bayi Anda mengalami sembelit, dan juga tanda-tandanya. Dengan demikian, penanganan bisa segera diberikan.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab sembelit pada bayi secara umum, seperti:

  • Kekurangan cairan
  • Saat pertama kali dikenalkan dengan makanan padat
  • Karena susu formula
  • Kondisi medis lainnya, seperti: penyakit seliak, alergi susu sapi, penyakit hirschprung, alergi susu sapi, hiperkalsemia (kadar kalsium di dalam darah terlalu tinggi), dan adanya kelainan organ saluran cerna sejak lahir atau gangguan medis lainnya seperti kelainan sumsum tulang belakang, keracunan makanan, alergi makanan, atau alergi susu sapi.

Kebiasaan buang besar pada bayi dipengaruhi oleh banyak hal. beberapa diantaranya adalah pola makan dan minum, aktivitas, dan seberapa cepat kemampuan tubuh bayi mencerna makanan yang masuk.

Jika buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu, bentuknya lebih keras dari biasanya walaupun frekuensi tidak berubah, serta bayi terlihat kesakitan saat buang air besar, maka bisa dipastikan jika bayi Anda sedang mengalami konstipasi.

Untuk mengatasi sembelit pada bayi, selain memenuhi kebutuhan cairannya, jika bayi Anda diberikan susu formula, maka sebaiknya Anda diskusikan dulu dengan dokter untuk mengubah komposisi susu formula atau mempertimbangkan penggantian susu formula.Pelunak tinja poloxamer drop sebanyak 0,3 ml dapat ditambahkan ke dalam susu bayi untuk diberikan tiga kali sehari.

Jika buah hati Anda sudah mulai makan, memberikannya makanan berserat bisa mencegah anak Anda dari sembelit. Utamakan memberinya asupan serat dari buah-buahan berkulit yang bisa langsung dikonsumsi, seperti buah plum, aprikot, persik, atau prune.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi dan Ibu Hamil

Sembelit atau susah buang air besar juga lebih banyak terjadi pada wanita hamil. Selain perubahan hormon, sembelit yang terjadi pada ibu hamil juga bisa dipicu oleh:

  • Stres
  • Kurang Minum
  • Kurang serat
  • Makan tidak teratur
  • Konsumsi obat dan vitamin tertentu
  • Pembesaran rahim yang memberikan tekanan pada rektum
  • Kurang bergerak

Untuk mengatasi sembelit pada saat hamil, Anda bisa memeriksa kembali obat atau vitamin yang dikonsumsi, memenuhi kebutuhan serat, banyak minum air putih, tidak menunda ketika ingin buang air besar, melakukan olahraga ringan, dan menghindari makan terlalu kenyang.

Mencegah dan mengatasi sembelit saat hamil itu penting. Sembelit yang menyebabkan konstipasi adalah salah satu pemicu terjadinya ambeien atau wasir pada ibu hamil.

Untuk mencegan sekaligus mengobati penyakit wasir dan ambeien pada ibu hamil secara alami tanpa efek samping, silakan kunjungi Cara mengobati wasir ambeien pada ibu hamil di sini!!

Terima kasih sudah menyimak artikel di atas. Semoga bermanfaat dan menjadi perantara bagi kesembuhan Anda.

Salam Sehat

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi dan Ibu Hamil Dengan Aman