Cara Deteksi Dini Kanker Serviks

By | November 6, 2017

Cara Deteksi Dini Kanker Serviks – Anda pasti tahu jika kanker serviks menjadi salah satu momok paling menakutkan untuk para perempuan, secara penyakit ini termasuk penyakit pembunuh perempuan nomor satu di dunia.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Penyakit kanker serviks dapat di deteksi melalui serangkaian pemeriksaan, salah satunya dengan tes pap smear.

Cara Deteksi Dini Kanker Serviks Dengan Pap Smear

Salah satu tes yang paling direkomendasikan untuk mengetahui kondisi kesehatan leher rahim atau serviks Anda adalah dengan pap smear.

Cara Deteksi Dini Kanker Serviks

Sumber gambar : Google image (Tes Pap Smear)

Dokter akan mengambil sampel sel dari leher rahim atau serviks Anda untuk kemufia di teliti. Tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah sel-sel di dalam leher rahim atau serviks ada yang tumbuh secara abnormal atau tidak.

Apabila hasilnya positif, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan tes ulang 4 sampai 6 bulan kemudian, tergantung dari jenis sel abnormal yang ditemukan.

Hal ini karena, tidak semua sel abnormal yang ditemukan pada serviks Anda mengarah pada kanker. Maka dari itu, diperlukan pemeriksaan lanjutan. Dan, perlu Anda ketahui, bahwa sel kanker dapat berkembang bertahun-tahun kemudian.

Anda Juga Perlu Tahu : Faktor Risiko dan Penyebab Kanker Serviks

Kapan Saya Bisa Memulai Tes Pap Smear ?

Cara Deteksi Dini Kanker Serviks – Tes pap smear ini sudah bisa Anda lakukan sejak usia 21 tahun. Sangat dianjurkan untuk Anda melakukan tes ini secara berkala, yakni setiap dua tahun sekali.

Setelah usia 30 tahun, tes pap smear bisa dilakukan setiap tiga tahun sekali. Dokter juga mungkin akan menyarankan Anda untuk mengkombinasikan tes pap smear dengan tes untuk mendeteksi human papillomavirus (HPV).

Apakah sebelum melakukan tes pap smear boleh melakukan hubungan intim?

Untuk menghindari ketidakakuratan hasil tes, Anda disarankan untuk tidak melakukan aktivitas seksual apapun, termasuk mencuci vagina dengan sabun atau cairan pembersih selama 3 hari sebelum pemeriksaan dilakukan. Tes pap smear salah satu cara mendeteksi kanker serviks ini juga tidak bisa dilakukan saat Anda menstruasi.

Seberapa Akurat Tes Pap Smear Untuk Mendeteksi Kanker Serviks ?

Sama seperti semua tes medis lainnya, pemeriksaan pap smear juga tidak 100% akurat. Ada beberapa faktor yang dapat membuat tes pap smear tidak akurat, seperti karena kurangnya sampel sel yang diambil ataupun adanya peradangan atau darah yang menghalangi penampakan sel-sel abnormal.

Tes ini perlu dilakukan secara rutin untuk mengantisipasi kemunculan sel-sel kanker secara berkelanjutan. Karena, sel kanker bisa jadi baru berkembang bertahun-tahun kemudian.

Meskipun tidak sepenuhnya akurat, tes ini dapat membantu Anda mendeteksi pertumbuhan sel abnormal di dalam leher rahim atau serviks Anda. Semakin cepat sel abnormal terdeteksi, maka makin cepat penanganan yang dapat diberikan guna menghindari diri dari kondisi yang tidak di inginkan, termasuk risiko mematikan.

Bagaimana? Apakah Anda masih akan menunda-nunda melakukan tes? Mengingat ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan tes pap smear.

Demikianlah informasi mengenai cara mendeteksi dini kanker serviks dengan pap smear. Semoga, artikel ini bermanfaat dan dapat membantu membuang keraguan Anda untuk segera melakukan tes.

SALAM SEHAT
Posted By : Obat Alami Ambeien

Cara Deteksi Dini Kanker Serviks