Biaya Mamografi Untuk Mendeteksi Kanker Payudara

By | December 18, 2017

Ingin melakukan deteksi dini kanker payudara tapi belum tahu kisaran biaya mamografi di beberapa rumah sakit di kota Anda?

Biaya Mamografi

Tidak perlu khawatir. Di sini kami telah mengumpulkan informasi mengenai besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan mamografi guna mendeteksi penyakit kanker payudara.

Informasi ini kami sadur dari beberapa rumah sakit yang ada di beberapa kota, seperti : Tasikmalaya, Jakarta, Bandung, Depok, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Medan, Palembang, dan kota lainnya.

Mengetahui Manfaat Dari Mamografi

Anda mungkin sering mendengar istilah mamografi untuk mendeteksi dini kanker payudara selain SADARI atau periksa payudara sendiri.

Melakukan skrining untuk kanker payudara bisa Anda lakukan secara berkala untuk mengetahui pertumbuhan abnormal di dalam jaringan payudara Anda, termasuk pertumbuhan sel kanker.

Nah, mamografi inilah yang paling sering direkomendasikan selain dari USG dan X-ray dada. Namun, karena memanfaatkan paparan radiasi, banyak pro dan kontra yang beredar. Bahkan, sebagiannya mengatakan jika melakukan mamografi justru dapat meningkatkan risiko menderita kanker payudara.

Baca Juga : Makanan Pantangan Untuk Penderita Kanker Payudara

Dr. John W. Gofman, M.D., Ph.D. mengatakan bahwa lebih dari 50% angka kematian akibat kanker sebenarnya dipicu oleh penggunaan x-ray.

Di kutip dari healindonesia.com, “praktik rutin dari mengambil 4 gambar film di tiap payudara seseorang tiap tahunnya, menghasilkan kira-kira 1 rad (dosis serap radiasi) paparan radiasi, itu artinya sama saja dengan 1.000 kali lebih besar daripada foto x-ray dada.”

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Mamografi

  • Anda tidka boleh melakukan mamografi apabila sedang hamil, menyusui atau curiga sedang hamil
  • Jadwalkan mammografi seminggu setelah menstruasi Anda
  • Jangan pakai deodoran, parfum, bedak, atau body lotion do ketiak atau di sekitar payudara sebelum melakukan tes

Mamografi biasanya akan terasa sakit meskipun hanya sesaat. Scan payudra juga dapat diulang beberapa kali. Sementara untuk hasilnya biasanya akan Anda dapatkan dalam waktu 30 hari.

Berapa Biaya Mamografi Untuk Deteksi Dini Kanker Payudara?

Biaya mamografi di setiap rumah sakit umumnya berbeda-beda, tergantung dari kelas yang diambil, biaya konsultasi, obat, dan lainnya.

Seperti di Siloam Hospitals Kebon Jeruk, untuk melakukan mamografi, biaya berkisar antara Rp 860.000,- sampai dengan 1.653.500,- (sumber : alodokter.com).

Sementara di beberapa rumah sakit lainnya )yang menyediakan fasilitas mamografi) biayanya mulai dari Rp 400.000,-

Nah, demikianlah informasi mengenai biaya mamografi untuk mendeteksi dini kanker payudara di atas saya sampaikan. Semoga dapat membantu, ya!

Posted By : Pengobatan Kanker Payudara

Biaya Mamografi Untuk Mendeteksi Dini Kanker Payudara